1. Jelaskan mengapa manusia dikatakan sebagai mahkluk berbudaya

karna manusia diciptakan oleh Allah dengan mempunyai akal dan pikiran yang tidak dimiliki oleh mahkluk – mahkluk lain, dan juga manusia mempunyai perasaan, dan dapat membedakan mana yang baik dan buruk sehingga membuntuk sebuah corak budaya yang berbeda berbeda tergantung dimana ia tinggal. Dengan semua kemampuan yang dimiliki manusia itu maka manusia mampu menciptakan kebudayaan. Karena, dengan berbudaya manusia berusaha mencukupi kebutuhan hidupnya.

2. Manakah yang benar, kebudayaan adalah produk manusia atau manusia adalah produk kebudayaan ? Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang berkaitan satu sama lain. Manusia memegang peranan unik dalam kehidupan di dunia ini dan dapat dipandang dari banyak segi.

Kebudayaan adalah produk manusia karena manusia sendiri yang menciptakan kebudayaan. Kebudayaan itu akan terwujud dari aktifitas yang mereka jalani sehari hari. Dari kebiasaan yang cenderung terus menerus itulah terciptanya suatu budaya. budaya tercipta, maka ada komitmen untuk mentaati kebiasaan atau budaya tersebut, bahkan di patenkan, sehingga kedepannya tercipta manusia-manusia yang berbudaya. Jadi awal yang benar adalah budaya adalah produk manusia, yang nantinya budaya yang sudah terbentuk itu sendiri akan membentuk manusia-manusia yang tidak berbudaya itu menjadi manusia yang berbudaya

3. Jelaskan manakah yang dihadapi pada kasus pewarisan kebudayaan ?

Pada prinsipnya pewarisan budaya (sosialisasi) terjadi dalam sepanjang hidup manusia, dari sejak lahir hingga matinya manusia, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Pewarisan budaya terjadi dalam berbagai lembaga-lembaga kebudayaan manusia, terutama lima lembaga kebudayaan manusia, yaitu lembaga keluarga, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, lembaga agama dan lembaga pemerintahan.

4.  Globalisasi  termasuk globalisasi budaya saat ini tengah melanda di bangsa Indonesia, menurut anda apakah globalisasi budaya itu? Berdampak positi/negatif bagi manusia Indonesia?

Dampak Positif

a. Perubahan Tata Nilai dan Sikap

Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.

b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

c. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik

Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif

a. Pola Hidup Konsumtif

Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.

b. Sikap Individualistik

Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.

c. Gaya Hidup Kebarat-baratan

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

d. Kesenjangan Sosial

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

5.  Menurut anda Indonesia tidak bisa menutup diri dari peradaban barat ataukah Indonesia harus menutup diri terhadap pengaruh barat?

Indonesia tidak bisa menutup diri dari peradaban barat, karena banyaknya perubahan yang terjadi di Indonesia yang disebabkan adanya pengaruh budaya, teknologi, yang telah terjadi di negeri ini. Namun Indonesia bisa menyaring  perubahan yang  telah terjadi dengan mengambil kebudayaan yang sopan dan baik untuk diterima masyarkat Indonesia.

About dedesyana

♥ALLAH • ♥myparent • ♥my best friends • be your self • friendly • simple • moody

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s